Riksa Uji sistem proteksi kebakaran

Alat pemadam Api Ringan (Fire Extinguisher) yang biasanya kita kenal dengan istilah APAR. Biasanya APAR berbentuk tabung kecil untuk pemadaman api skala kecil. Apar umumnya berisi zat-zat yang berbeda antara satu sama lain, seperti adanya cairan, serbuk, dan lain sebagainya.

Apar merupakan sebuah alat yang digunakan hanya dalam keadaan darurat. Jadi, alat ini harus dipergunakan dalam hal mendesak dan tidak diperkenankan untuk bermain-main khususnya pada anak-anak. Oleh karena itu, alat ini harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak namun tetap mudah terlihat agar mudah digunakan

Fire Alarm System adalah sekumpulan alat atau komponen-komponen yang bekerja secara bersamaan untuk mendeteksi adanya kebakaran dan mengingatkan kita melalui bunyi alarm dan lampu yang hidup berkedip. Fire alarm system ini tidak sama dengan alat pemadam kebakaran yang karena tujuannya bukan untuk memadamkan api. Tujuan utama dari fire alarm system ini untuk mengingatkan kepada orang disekitar akan bahaya kebakaran dan untuk mengevakuasi diri sebelum keadaan menjadi makin buruk.

Hydrant Pemadam Kebakaran adalah sebuah alat atau terminal penghubung untuk bantuan darurat saat terjadi kebakaran. Hydrant merupakan koneksi berupa alat yang terdapat di atas tanah yang menyediakan akses pasokan air untuk tujuan memadamkan kebakaran. Biasanya perlindungan api aktif ini disediakan di sebagian wilayah perkotaan, pinggiran kota, dan pedesaan yang memiliki ketersediaan (pasokan) air yang cukup dan memungkinkan petugas pemadam kebakaran untuk menggunakan pasokan air tersebut untuk membantu memadamkan kebakaran.

Kami siap Membantu untuk Memastikan bahwa alat tersebut Laik atau tidak layak untuk

Yang Termasuk Penanggulangan kebakaran Aktif antara lain:

  1. Instalasi Fire Alarm System
  2. Instalasi Hydrant
  3. Springkler

Dasar hukum

  • kep.186/men/1999 tentang unit penanggulangan kebakaran ditempat kerja

  • instruksi menteri 11/m/bw/1997 tentang pengawasan khusus k3 penaggulangan kebakaran

  • Permenaker 04 tahun 1980 Tentang Syarat-syarat pemasangan dan pemeliharan Alat pemadam api ringan ( APAR )

  • Permenaker 02 Tahun 1983 Tentang Instalasi Alarm Kebakaran Automatik

  • Permen PU no 26 Tahun 2008 Tentang persyaratan teknis sistem proteksi kebakaran pada bangunan gedung dan lingkungan

  • SNI 03-3989-2000 Tentang Tata cara perencanaan dan pemasangan sistem springkler otomatik

    untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung